BERBAGI TIPS DAN TRIK INFORMASI TEKNOLOGI

Bisnis bersama google mengasyikan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin pencari atau search engine adalah alat yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet untuk mencari informasi saat ini. Dan Google, adalah mesin pencari yang menjadi pilihan nomor satu para pencari informasi.


Sebuah situs web yang sering dikunjungi oleh pengguna internet sejagat, secara tidak langsung menjadi sebuah medium iklan virtual yang paling menjanjikan. Google nampaknya tidak menyia-nyiakan hal ini, karena sampai saat ini, melalui iklan boleh dikatakan menjadi sumber utama pendapatan Google. Kian menariknya Google sebagai media iklan inilah yang kemudian membuat lembaga survei dan konsultan Millward Brown tahun ini menobatkan Google sebagai merek paling kuat sejagat dengan nilai merek US$ 86,1 miliar.

Program iklan ini dikenal dengan nama (Google) AdWords. AdWords adalah suatu program periklanan bagi mereka yang ingin beriklan (advertiser) melalui Google dengan biaya per klik (CPC = cost per click) atau (PPC = pay per click) yang bisa ditentukan sendiri. Total biaya ini akan habis setelah seberapa banyak iklan tersebut di-klik oleh pengunjung.

Sebagai contoh sederhana, seseorang memiliki anggaran sebesar $20 dan akan mempromosikan sebuah toko online miliknya melalui Google. Setelah menentukan sendiri biaya per klik (cpc) iklan adalah $1, misalnya, maka anggaran tersebut akan habis setelah iklan tersebut di-klik oleh pengunjung sebanyak 20 kali.

Iklan dari advertiser tersebut selain akan muncul di hasil pencarian yang dilakukan melalui mesin pencari Google, juga akan muncul di halaman-halaman web atau blog. Program inilah yang dinamakan dengan (Google) Adsense. Dengan Adsense, pemilik halaman (publisher) yang mau menyisahkan sedikit ruang di halaman blog atau web, akan mendapatkan imbalan dari advertiser (dengan perantara Google) atas jasanya dalam menempatkan iklan-iklan tersebut.



Adsense bisa diibaratkan seseorang yang menyewakan lahan atau bangunan yang dia miliki, untuk ditempati iklan dimana dia akan mendapatkan uang atas jasanya tersebut. Jadi, Adsense akan mengiklankan AdWords, begitu gambaran sederhananya.

Satu hal yang menarik dari Adsense, program ini bisa diikuti dengan gratis, dan memiliki potensi penghasilan yang tidak terbatas bagi publisher Adsense. Berbekal blog atau domain gratisan maupun berbayar, siapapun yang memenuhi syarat bisa mengikuti Adsense dan berpeluang mendapatkan bagian kesuksesan yang diraih Google. Berani coba? Kenapa tidak!

Salam Belajar Bisnis Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar