BERBAGI TIPS DAN TRIK INFORMASI TEKNOLOGI

Tips Install Windows Vista Dari Flash Drive USB 2.0

Bagaimana cara meng-install Windows Vista lewat Flash Drive ?, sering sekali pertanyaan seperti itu terdengar dari beberapa orang :). Nah saya akan mencoba untuk sharing tentang tips untuk instalasi Vista lewat Flash Drive. Mengapa harus melakukan proses instal dengan FD USB 2.0 ? Jawabnya adalah pada kecepatan transfer, apalagi kalau kita pengen melakukan instalasi Vista di komputer jaringan :). Memang, kecepatan instal dari FD USB 2.0 lebih bagus dibanding menggunakan DVD, LAN Card, atau dari external USB 2.0 hard drive.

Langkah - langkah untuk instalasi FD USB 2.0 :

1. Siapkan sebuah ultra-fast USB 2.0 flash drive

Anda membutuhkan Flash Drive kecepatan tinggi dengan kapasitas minimal 4GB. Ini karena installer Windows Vista mempunya volume lebih dari 3GB. Anda bisa menggunakan 200X Hi-Speed USB 2.0 atau Apacer 4GB Handy Steno USB FD HT203 (Atau jenis lain…ini hanya contoh saja).

2. Format Flash Drive

Jalankan CMD.EXE dan ketik beberapa perintah berikut :

- diskpart

- select (Nama Flash Drive Anda)

- clean

- create partition 1

- select partition 1

- active

- format fs=fat32

- assign

- exit

3. Copy Windows Vista dari DVD ROM

Copy dengan perintah berikut :

xcopy d:\*.*/s/e/f e:\

Setelah proses copy selesai, anda sudah bisa memulai proses instalasi Vista ke komputer / notebook melalui Flash Drive anda (NB: Sebaiknya cek BIOS anda untuk memastikan melakukan booting pertama pada USB).

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar