BERBAGI TIPS DAN TRIK INFORMASI TEKNOLOGI

3 Program untuk Bikin Aplikasi Mobile

















iOS Developer Program adalah tools populer yang berbasis XCode untuk mengembangan aplikasi di perangkat iOS

Peta persaingan bisnis di dunia mobile saat ini menjadi lebih kompetitif berkat kehadiran pemain baru seperti Apple (iOS) dan Google (Android). Mereka mencoba merangkul komunitas demi menghadirkan semakin banyak aplikasi bagi para penggunanya. Strategi ini nyatanya manjur. Hal ini bisa dilihat dari jumlah device yang terjual selama beberapa tahun terakhir yang mulai didominasi oleh kedua platform tersebut. Jika Apple lebih banyak bermain di segmen kelas atas, Google lebih menyasar kelas menengah ke bawah. Bahkan, belakangan, RIM dengan produk BlackBerry-nya pun mulai merangkul banyak developer untuk mengangkat pamornya yang mulai meredup.

Menurut data statistik terakhir, App Store-nya Apple sudah berhasil meraih sebuah pencapaian yang cukup fenomenal. Jumlah aplikasi yang diunduh dari sana sudah mencapai 25 milliar. Dan ini dicapai hanya empat tahun setelah App Store diperkenalkan, sebuah rekor yang mungkin akan susah dipecahkan oleh vendor mana pun dalam kurun waktu yang cukup lama.

Baik Apple, RIM maupun Google telah menyediakan SDK (Software Development Kit) yang dapat digunakan oleh para developer untuk menciptakan aplikasi bagi platform mereka. Yuk, kita cari tahu tawaran
masing-masing.

1. Apple iOS Developer Program
Program milik Apple ini mengharuskan kamu memiliki Apple ID. ID tersebut bisa didapatkan secara gratis, tapi kamu harus membayar biaya tahunan sebesar US$99. Tool yang dipakai adalah XCode yang sampai saat ini hanya bisa berjalan di platform OS X. Bahasa yang dipakai untuk pengembangan aplikasi berbasis iOS adalah Objective C.

XCode juga dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi untuk Mac OS. Kamu bisa mengunjungi situs http://developer.apple.com/programs/ios/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang program ini. Salah satu keunggulan program ini adalah tampilan antarmuka yang sudah terstandarisasi oleh Apple serta variasi perangkat yang tidak sebanyak vendor lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar