BERBAGI TIPS DAN TRIK INFORMASI TEKNOLOGI

Gratis & Gampang Bikin Aplikasi Ponsel

















Conduit merupakan tools online yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi di beragam jenis smartphone, seperti Android, iOS dan Windows Phone.

Mau coba bikin aplikasi mobile tanpa harus repot mengutakatik kode pemrograman, bahkan tanpa perlu memiliki pengetahuan soal pemrograman sama sekali? Bisa, kok.

Saat ini layanan untuk membuat aplikasi mobile berbasis web lumayan banyak. Memang rata-rata berbayar, namun beberapa vendor juga memberikan yang gratis, misalnya Conduit Mobile (http://mobile.conduit.com/). Layanan gratis ini ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Kamu bisa bebas pilih mana yang dimaui. Buat coba-coba, tentu pilih saja yang gratis.

Dengan Conduit Mobile ini, kamu bisa membuat aplikasi untuk beragam sistem operasi, mulai dari Android, iOS (iPhone dan iPad), Windows Phone, BlackBerry, dan juga Bada. Aplikasi yang bisa kamu buat (untuk versi gratis) lebih mengarah sebagai RSS feeder, namun kaya fitur. Untuk membuatnya, sebaiknya kamu memiliki website atau blog. Ya, aplikasi yang kamu buat ini akan memudahkan penggemar website mengakses web yang kamu miliki. Ia juga dapat dibuat untuk mengakses beragam akun media sosial. Cara bikinnya susah? Eits, salah. Gampang banget, kok.

1. Masuklah ke website http://mobile.conduit.com/. Masukkan alamat website yang kamu miliki dan hendak dibuat aplikasinya. Selanjutnya, klik [Create App]. Tunggu beberapa saat hingga layanan mendeteksi konten yang ada di website kamu.

2. Aplikasi akan mendeteksi konten berbasis Twitter, Facebook, YouTube, dan juga RSS feeder yang ada di website. Selanjutnya, layanan ini akan menampilkan jendela kerja pembuatan aplikasi mobile instan. Konten yang terdeteksi akan menjadi konten aplikasi secara otomatis.

3. Untuk menambahkan konten baru di aplikasi, kamu tinggal mengklik tombol plus (+) pada pilihan kategori konten yang ada di menu “Add more pages”. Misalnya, untuk menambahkan konten aplikasi dari akun
Facebook, klik tanda plus pada [Facebook]. Masukkan akun Facebook pada menu “Page content” dan pilih jenis tampilan visualnya.

4. Kamu bisa menambahkan konten lain juga, mulai dari galeri foto, Twitter, RSS feeder, dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar